Tips jitu bagi startup untuk menembus pasar Indonesia

Tips ini bisa diterapkan utk startup yg berasal dari Indonesia ataupun dari luar negeri yg ingin mencoba peruntungan di pasar lokal.



1. Bagikan data sebanyak-banyaknya.


Anda mungkin sudah cukup familiar dgn content marketing seperti yg dilakukan oleh GetCraft. Strategi ini sebenarnya cukup efektif, namun di Indonesia cara ini tdk selamanya berhasil, karena hasil riset pasar dan data yg valid terkadang sulit didapatkan. Kebanyakan media akan terus mencari kabar terbaru mengenai ranah teknologi di Indonesia. Bila perusahaan Anda bisa memberikan data kondisi pasar terbaru atau hal-hal yg sedang menjadi tren di sektor tertentu, para jurnalis yg sering membuat artikel mengenai startup kemungkinan besar akan dgn senang hati menulisnya. Pastikan mereka menuliskan data yg benar mengenai perusahaan Anda, dan tentunya data yg diberikan harus akurat dan memiliki nilai berita.


2. Pendekatan consumer-to-consumer


Saat ini, Indonesia tengah berada di fase awal demam e-commerce. Pelaku e-commerce yg menerapkan model bisnis business-to-consumer di Indonesia diprediksi akan cerah di masa depan. Namun utk saat ini, model bisnis consumer-to-consumer masih menjadi andalan. Meskipun Anda menjual barang langsung dari website Anda, ada baiknya utk memiliki akun di sejumlah portal marketplace seperti Tokopedia, BukaLapak, atau yg lainnya. Ini adalah cara jitu agar brand Anda mudah dikenali dan menambah jumlah traffic ke website Anda.



3. Membuat video promo yg mudah dipahami.


Video promo adalah cara yg wajib dilakukan bagi para pelaku startup yg ingin menembus pasar Indonesia. Bagi startup yg berasal dari luar negeri, ada baiknya bila membuat versi lokal dari video promo mereka. Utk membuatnya, beberapa layanan seperti Wootag dan Jelasin bisa membantu Anda.


4. Manfaatkan website dgn user-generated content


Setelah Anda memiliki video yg menarik, saatnya utk menentukan media pemasaran yg tepat. Populasi kaum muda di kawasan urban seperti Jakarta adalah pengguna Internet aktif, & banyak netizen yg berbagi konten menarik seperti meme, video klip, & komik-komik lucu. Website seperti 1CAK dan 4TAWA adalah beberapa contoh media yg tepat utk menjangkau kelas menengah konsumtif di Indonesia. Sebagai catatan, tahun lalu, 1CAK – yg kerap disebut sebagai versi lokal 9Gag – berhasil menjaring 9 juta pageview dlm sebulan. Sedikit catatan, agar konten Anda makin menonjol di website-website seperti ini, buatlah konten yg mengundang tawa.



5. Bekerja di co-working space, atau setidaknya sering berkunjung


Jakarta memiliki sejumlah co-working space yg cocok bagi startup baru yg ingin mengenal ranah teknologi lokal. Tempat-tempat semacam ini tdk hanya memberikan ruang kerja bagi Anda, namun juga tempat utk menumpahkan ide kepada entrepreneur teknologi lain. Kami sarankan utk mengunjungi Ciputra GEPI Incubator, Comma, Kejora, dan Conclave utk menemukan lokasi dan komunitas mana yg paling tepat utk Anda.


6. Bagikan sesuatu yg gratis


GrabTaxi adalah contoh paling tepat utk strategi ini. Terakhir mereka memberikan promo Rp 20.000 dgn kode promo ‘AMAN’. Sebelumnya, GrabTaxi juga sering memberikan promo menarik seperti layanan taksi gratis, promo Grabtongan, dan berbagai hadiah menarik tiap minggu. Contoh lainnya adalah Go-Jek, yg memberikan potongan Rp 50.000 utk penggunaan pertama kali dgn memasukkan kode promo. Masyarakat Indonesia sangat menggemari diskon, dan metode seperti ini akan menghasilkan brand awareness dan pandangan positif terhadap produk sang startup sendiri.



7. Rajin mengikuti event pitching


Kompetisi pitching untuk startup kerap digelar di Indonesia. Di dalamnya, startup akan bicara dan memberikan presentasi kepada para pakar dan investor. Beberapa event yang menarik adalah Seedstars World, Global Enterpreneurship Week Get in The Ring, Startup Arena yang digelar Tech in Asia, dan banyak lagi. Masalah kalah atau menang adalah urusan belakangan, karena di sini Anda bisa terus berlatih bagaimana cara pemasaran yang baik. Orang-orang di dalamnya juga kompeten dan membuka peluang untuk lebih dekat dengan media. Bahkan bila beruntung, Anda juga bisa menemukan partner yang cocok untuk menunjang bisnis ke depannya.


8. Endorsement selebriti


Beberapa founder percaya bila menggunakan selebriti atau artis yang tengah naik daun adalah cara efektif untuk mengambil hati orang Indonesia. Sebagai contohnya adalah layanan kencan online Setipe yang menggandeng Christian Sugiono. Sebagai selebriti yang aktif di media sosial, keberadaan Christian sangat membantu Setipe mendapatkan traffic yang lebih banyak dan hingga tahun 2014 kemarin tercatat memiliki 83.000 pengguna.


9. Sering menggelar event dan mengundang komunitas


Bila model bisnis yang Anda gunakan bergantung pada komunitas atau seberapa loyal konsumen, maka Anda harus sering menggelar event dan mengundang orang-orang penting. Cara ini tidak hanya menumbuhkan brand awareness, namun juga meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Contoh yang baik dilakukan Tokopedia yang rutin menggelar event bulanan dengan beragam jenis acara menarik, mulai dari gathering hingga workshop.



Terima kasih atas waktu yang anda berikan untuk membaca Artikel ini. Jangan Lupa untuk LIKE dan SHARE ke teman - teman anda

Jika ada kata-kata yang kurang dapat di mengerti ataupun salah-salah kata saya mohon untuk di maafkan dan di maklumi.

Best Regards,

Patrick

#DigitalIsReality

8 views

+628974585679

©2020 by Patrick Park. Proudly created with Wix.com