Profesi - Profesi ini Belum Ada 10 Tahun Lalu

Seiring perkembangannya zaman apalagi di Era Digital saat ini Muncul beberapa profesi yang sebenarnya sangat membantu dalam menghadapi kondisi bisnis saat ini.


Berikut adalah beberapa di antaranya


1. Digital Marketing Specialist


Profesi pertama ini merupakan pekerjaan yang diisi oleh orang-orang yang dianggap ahli dalam menjalankan strategi digital marketing. Sebutan bagi orang yang bergelut dalam profesi satu ini adalah digital marketers dan bertugas dalam mengatur serta menganalisis strategi pemasaran dunia digital.


Kini, papan iklan billboard, iklan televisi, dan iklan brosur sudah tidak lagi terlalu diminati. Semua telah beralih ke alat periklanan yang lebih praktis dalam dunia digital. Sekarang, membuka apapun di dalam internet, pastilah tidak luput dari iklan atau ads. Mulai dari Google ads, Youtube ads, hingga Social Media ads.


2. Vlogger


Blogger mungkin telah ada sejak tahun 90-an karna platformnya telah ada sejak zaman tersebut, namun tidak demikian degan Vlogger. Vlogger adalah singkatan dari Video Blogger yang ditujukan untuk para pengguna Youtube yang membuat konten video. Hal ini berarti Vlogger baru ada setelah tahun 2005 karna Youtube baru dirilis pada tahun tersebut.


Pekerjaan satu ini ternyata kini diketahui dapat mendulang uang yang sangat banyak. Sumber kekayaan para Vlogger umumnya berasal dari ads yang mereka pasang di akunnya. Namun, banyak juga Vlogger yang membuat konten video sponsorship berupa review produk.


3. Social Media Manager atau Social Media Specialist


Pengguna media sosial di seluruh dunia diketahui mencapai 2,46 triliun jiwa dan bahkan masih akan terus bertambah. Tidak heran jika profesi Social Media Manager kini dicari dan dibutuhkan.


Seorang Social Media Manager bertugas untuk mengatur strategi dan memelihara kehidupan pemasaran brand di media sosial. Profesi ini juga bertugas utk memastikan dan memeriksa feedback dari customer melalui engagement di media sosial.


Bukan rahasia lagi, di zaman dengan pendisttribusian informasi serba cepat seperti saat ini, menjadi up to date merupakan sebuah keharusan utk bertahan di zaman ekonomi digital masa kini.


4. SEO Analyst


SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu cara terbaik dalam mengoptimasi website saat ini. Profesi SEO analyst bekerja untuk membantu mengembangkan & mengoptimasi website perusahaan agar lebih mudah ditemukan dan terlihat di laman pencarian online.


Seorang SEO analyst akan membuat analisa dari website yang ditanganinya, lalu mengembangkan dan mengeksekusi strategi guna meningkatkan peringkat pencarian. Namun, konsep dalam SEO secara konstan terus berubah, hal ini menyebabkan seorang SEO harus bekerja dengan mengikuti alur dan beragam peraturan baru yang ditetapkan Google dan juga tren yg ada.


5. UX Desainer


UX Desainer (User Experience Desainer) merupakan ahli yang berkonsentrasi pada pengembangan pengalaman pengguna. Mereka bertugas menciptakan desain website yang sedap dipandang mata dan user-friendly.


Pekerjaan ini dibutuhkan guna meningkatkan pengalaman pelanggan ketika mengakses website atau aplikasi perusahaan. Tanpa seorang UX Desainer, akan sulit rasanya untuk mendapatkan citra baik mengenai perusahaan Anda di mata calon konsumen.

Terima kasih atas waktu yang anda berikan untuk membaca Artikel ini. Bagaimana menurut anda? COMMENT di bawah ya, Jangan Lupa untuk LIKE dan SHARE ke teman - teman anda


Jika ada kata-kata yang kurang dapat di mengerti ataupun salah-salah kata saya mohon untuk di maafkan dan di maklumi.


Best Regards,

Patrick


#DigitalIsReality

6 views

+628974585679

©2020 by Patrick Park. Proudly created with Wix.com