Bagaimana Digital Marketing Bisa Meroketkan Startup Anda ?

Jika Anda ingin merintis bisnis (startup), hal penting yg perlu dirancang selain produk yg unik adalah bagaimana memilih metode marketing yg akan dilancarkan. Dlm marketing konvensional, kita mengenal media iklan seperti surat kabar, TV, radio, & billboard. Namun, utk melakukan branding melalui media iklan tsb nampaknya membutuhkan biaya yg tdk sedikit.


Thanks to the internet & social media. Hari ini kita mengenal metode digital marketing yg memudahkan para perintis bisnis dlm memasarkan produknya secara lebih independen, kreatif, & relatif lebih efisien dlm pengeluaran budget.


1. Segmentasi Pengguna


Kita mengetahui bahwa separuh penduduk Indonesia kini mengakses internet. Namun, apakah 132,7 juta pengguna itu semuanya merupakan leads yg potensial utk menjadi pelanggan kita?


Seseorang pakar mengatakan, marketing tanpa data ibarat mengemudi dgn mata tertutup.

Kita menginginkan agar marketing campaign yg dilancarkan tepat sasaran ke pelanggan yg memang memiliki minat terhadap produk yg kita pasarkan. Karena itu utk mengetahuinya dibutuhkan segmentasi pelanggan.


2. Maksimalkan Konten Digital


Sebagai pemain baru, Anda butuh mengenalkan identitas brand Anda kepada pelanggan. Cara yg paling definitif di era digital seperti saat ini adalah tidak lain dgn membuat konten digital. Konten itu bisa dtampilkan dlm bentuk video, infografis, Q&A, podcasts, atau tulisan.


Pastikan Anda mengemasnya dgn cara yg kreatif, sehingga menarik mata pengguna internet utk mengunjungi channel, media sosial, atau blog yg Anda gunakan sebagai saluran promosi.


3. Giveaway


Memang, merintis itu membutuhkan pengorbanan. Pengorbanan ini salah satunya adalah berupa budget utk promosi. Cara yg terbukti ampuh utk mendatangkan antusias pelanggan adalah dgn memberikan hadiah atau giveaway. Hadiah adalah stimulus yg bisa meningkatkan pengunjung ke web Anda sekaligus menjadi cara branding yg disenangi pelanggan.


Anda bisa mengadakan kuis berhadiah produk dan pada saat yg sama meminta mereka mengisi formulir yg nantinya akan berguna utk kebutuhan mailing list. Setelah kuis selesai, Anda telah memiliki daftar alamat email pelanggan yg bisa sewaktu-waktu Anda blast dgn newsletter atau konten terbaru.


4. Demografi Data Pengguna Media Sosial


Bisa dikatakan, media sosial adalah representasi dari era digitalisasi saat ini. Setiap org memiliki euforianya tersendiri terhadap media sosial. Lembaga pengolahan data Statista memprediksi, pada 2020 jumlah pengguna media sosial secara keseluruhan akan mencapai 3 miliar. Tdk diragukan lagi media sosial merupakan tempat yg tepat utk mempromosikan brand Anda.


Terima kasih atas waktu yang anda berikan untuk membaca Artikel ini. Jangan Lupa untuk LIKE dan SHARE ke teman - teman anda

Jika ada kata-kata yang kurang dapat di mengerti ataupun salah-salah kata saya mohon untuk di maafkan dan di maklumi.

Best Regards,

Patrick

#DigitalIsReality

25 views

+628974585679

©2020 by Patrick Park. Proudly created with Wix.com